Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah: Pasca Tahap Rescue, Bakrie Tanggap Terjunkan Bantuan Kesehatan, Trauma Healing dan Logistik

Jakarta, 1 November 2018

Jumat, 28 September 2018 menjelang sholat magrib bencana gempa 7,4 SR dan tsunami menimpa saudara – saudara kita di Sulawesi Tengah, khususnya warga di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Pada masa-masa awal pasca gempa, Perusahaan Kelompok Usaha Bakrie (KUB) PT Bumi Resources yang diwakili oleh PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin menerjunkan tim rescue yang membantu proses evakuasi korban bencana gempa dan tsunami.

Pada tanggal 17 Oktober 218 Bakrie Tanggap menurunkan tim medis dan tim trauma healing. Tim yang beranggotakan 9 orang ini dibawah koordinasi Bakrie Amanah bekerjasama dengan PT Citra Palu Minerals (PT CPM). PT CPM merupakan salah satu perusahaan KUB yang beroperasi di kota Palu dan terdampak bencana gempa.

Tim medis yang diterjunkan terdiri atas dua dokter, satu bidan dan  tiga perawat menyelenggarakan layanan kesehatan selama 10 hari di posko CPM, area ring satu CPM hingga berbagai titik pengungsian di luar area CPM. Layanan kesehatan yang diberikan merupakan layanan kesehatan umum, layanan kesehatan ibu dan anak serta vaksinasi Difteri Tetanus (DT). Layanan kesehatan dilaksanakan meliputi wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala dengan jumlah penerima manfaat kurang lebih 1.076 orang

Program trauma healing – kelas ceria Bakrie Amanah bekerjasama dengan pendongeng ‘Sahabat Odi’ melakukan trauma healing kelas ceria di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala yang tersebar di 16 titik pengungsian dan sekolah. Rata – rata anak yang hadir per sesi trauma healing kurang lebih 50 – 60 anak.

Di luar program layanan kesehatan dan trauma healing, Bakrie Amanah juga memberikan bantuan paket keluarga berupa tikar, selimut, sarung, beras, susu dan hygiene kit untuk pengungsi di Desa Lero Kec. Sindue Kab Donggala dan di Lapangan Galara Kelurahan Bayaoge Kecamatan Tatangan. Bantuan tandone air berikut instalasi pipa untuk 1 musholla  di Desa Lero Tatari Kec. Sindue Kab Donggala.

“ Alhamdulillah tim selama 2 pekan ini telah melaksanakan rangkaian kegiatan tanggap bencana di kota Palu, Kab. Sigi dan kab. Donggala. Bertepatan dengan berakhirnya masa tanggap darurat bencana pada tanggal 26 Oktober 2018, kini saatnya memasuki masa transisi recovery. Bakrie Tanggap berkomitmen untuk melanjutkan rangkaian program recovery sesuai dengan amanah dari KUB”, ungkap Yuli Wulansari selaku Manajer Program Bakrie Amanah

Dalam keterangannya Yuli menambahkan dalam waktu dekat, tim Bakrie Tanggap akan mengirimkan paket kornet rendang dari Ibu Gaby Bakrie dan bantuan logistik lainnya donasi dari KUB. “ Untuk tahap recovery kami akan fokus pada penyediaan fasilitas umum untuk kesehatan, keagamaan dan pendidikan. Salah satu fasum yang akan kita bangun yakni ‘Ruang Laktasi , pendampingan dan layanan edukasi ASI&MPASI’ kerjasama dengan ANTV dan penyediaan fasum pendidikan kerjasama dengan PT Bakrie Sumatera Plantations”, tambah Yuli.

Terima kasih kepada perusahaan yang telah bekerjasama dalam program Bakrie Tanggap gempa dan tsunami Sulawesi Tengah diantaranya: PT Bumi Resources, PT Bakrie Pipe Industries, PT Bakrieland, PT Bakrie & Brothers, PT Bakrie Sumatera Plantations, EMP, Provices Group, PT Bumi Resources Minerals, ANTV, TvOne, Viva.co.id, PT Bakrie Autoparts, PT Braja Mukti Cakra, The Grove Suites, Bakrie Center Foundation, Elite Club, PT  Bina Usaha Mandiri Mizusawa, Plaza Festival, PT Bakrie Building Industries, PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin, Bluegraass, MO Epiwalk, DKM Masjid Arrohman PT BPI, DKM Masjid Burj Al Bakrie, DKM Masjid WB, DKM Masjid Roosniah Al Achmad, DKM Masjid Al Bakrie, DKM Masjid Sentra Timur, DKM Masjid TvOne, Mizan ANTV Dan terima kasih kepada seluruh donatur perorangan yang telah memberikan kepercayaan kepada Bakrie Amanah.

 

Bagikan berita ini:
  • 6
    Shares

Leave a Reply

×
Assalamu'alaikum... ada yang bisa kami bantu?