Jakarta, 25 Oktober 2018

Berada dalam naungan Bakrie untuk Negeri, Bakrie Amanah bekerjasama dengan perusahaan Kelompok Usaha Bakrie aktif dengan sumber dana yang berasal dari keluarga bakrie, CSR perusahaan, karyawan perusahaan, Jamaah Majelis Ta’lim dan masyarakat umum menjalankan program Bakrie Tanggap. Sejak terjadinya gempa Lombok pada 29 Juli 2018 yang menewaskan 564 jiwa, tim Bakrie Tanggap melaksanakan rangkaian program “Peduli Lombok” dalam 2 tahap yakni : Tahap tanggap darurat dan tahap recovey.

Tahap tanggap darurat dilaksanakan sejak tanggal 31 juli 2018 hingga 7 Agustus 2018, dengan program diantaranya pendirian dapur umum,  Penyaluran logistik ( Tenda, Selimut, Beras,Telur, Mie, Air mineral, Makanan bayi & balita, perlengkapan bayi & balita, kornet qurban) yang dilaksanakan di 7 desa Kabupaten Lombok Utara. Pada tahap ini PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin Indonesia dibawah bendera PT Bumi Resources juga menerjukan tim rescue untuk membantu evakuasi korban bencana.

Memasuki tahap recovey, tim Bakrie Tanggap melaksanakan kegiatan psikososial untuk anak – anak terdampak yang didampingi kegiatan mobile medical services for children di 10 dusun. Mengusung program Bermain Bersama “Kelas Ceria” berkolaborasi dengan beberapa lembaga lain tim Kelas Ceria Bakrie Tanggap  menghibur anak – anak di pengungsian serta memberikan layanan kesehatan untuk Ibu dan anak.

Masih dalam tahap recovery, kebutuhan akan tempat tinggal menjadi semakin penting bagi warga pengungsian mengingat mereka telah cukup lama tinggal di tenda bersama. Setelah melakukan survey lokasi, tim Bakrie Tanggap berkomitmen untuk membangun komplek hunian terintegarasi bernama “Kampung Makmur” di wilayah dusun Kopang desa Medana kabupaten Lombok Utara. Dalam kampung Makmur ini akan dibangun 60 hunian untuk warga bernama ‘RUBI Medana’, 1 buah Mushola, 1 buah PAUD, 1 buah Posyandu & Bale warga. Saat ini telah dibangun 50 unti RUBI Medana dan 10 lainnya masih dalam proses konstruksi, Bale Desa & Posyandu saat ini juga telah bisa dimanfaatkan oleh warga. Selain ‘Kampung Makmur’ di Medana, telah dibangun juga 80 hunian di 4 dusun dan 1 buah Masjid di Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan oleh EMP.

tvOne melalui Satu Untuk Negeri juga hadir di Lombok sejak masa tanggap darurat, pada masa recovery ini tim SUN membangun dua masjid dan satu sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat.

Dalam tahap recovery ini, tim Bakrie Tanggap juga berupaya membantu kegiatan ekonomi warga Lombok khususnya bagi para petani kopi Lombok. Bekerjasama dengan Homade, telah diluncurkan produk kopi Lombok dalam kemasan siap minum. Dengan membeli produk ini bermakna meningkatkan ekonomi para petani kopi dan juga membantu proses recovery di Lombok karena hasil dari penjualan kopi ini digunakan untuk program recovery Lombok.

Hari ini, kebutuhan akan air bersih menjadi hal yang mendapatkan perhatian khusus untuk segara ditangani, oleh karena itu tim akan menyediakan sumur sumur bor di beberapa lokasi area fasilitas umum di desa Medana. Selain itu tim Bakrie tanggap juga berupaya untuk memenuhi permintaan dari para warga yakni tambahan hunian RUBI.

 

Yuk kita bantu program recovery lombok, Kamu bisa langsung berdonasi melalui rekening yayasan Bakrie Amanah di 12400 4000 999 6 a.n Bakrie Amanah atau bisa juga dengan membeli ‘Kopi Turkish Arabica’ yang diproduksi oleh Homade.id , dengan harga Rp10.000 kamu bisa ikutan donasi untuk program recovery lombok.

Bagikan berita ini: