PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF BAKRIE AMANAH: SINERGI BAKRIE AMANAH DAN tvOne 25 UKM DI PULO KAMBING DAPATKAN BANTUAN MODAL USAHA

CAKUNG, Yayasan Bakrie Amanah, pada hari ini (29/8), kembali menggulirkan bantuan zakat produktif tahap ketiga di Masjid An-Ni’mah Kp. Pulo Kambing Rt.10/03 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung – Jakarta Timur. Berbeda dengan penyaluran sebelumnya, kali ini Bakrie Amanah menggandeng tvOne sebagai salah satu unit usaha Bakrie yang berlokasi tidak jauh dari lokasi penyaluran bantuan modal usaha.

Penyaluran Bantuan modal usaha bagi pengusaha kecil dan mikro ini merupakan bagian dari progam Kemitraan Untuk Negeri. Kemitraan Untuk Negeri, yaitu program pemberdayaan ekonomi umat yang ditujukan untuk  penguatan kemampuan mustahiq (penerima zakat) dengan memberikan bantuan usaha produktif. Pihak penerima bantuan selain diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya juga mempunyai kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjaman tersebut dari hasil usahanya.

“Dalam penyaluran bantuan usaha kali ini, kami menggandeng tvOne sebagai unit usaha yang berlokasi tidak jauh dari Pulo Kambing, yang akan disinergikan dengan program tanggung jawab sosial tvOne,” ungkap Setiadi Ihsan selaku General Manager Bakrie Amanah.

Penyerahan bantuan usaha dilakukan langsung oleh Raldy Doy  selaku Corporate Communication – PT Lativi Mediakarya (tvOne) kepada 25 penerima manfaat yang disaksikan oleh aparat kelurahan dan tokoh masyarakat di Pulo Kambing.

Dalam sambutannya, Raldy  menyampaikan harapannya bahwa bantuan modal usaha yang difasilitasi Bakrie Amanah dapat meningkatkan semangat berusaha, meningkatkan penjualan dan pendapatan dari para UKM. Raldy  juga menegaskan bahwa bantuan modal ini ber’aqad pinjaman tanpa bunga yang tentunya dari sebagian penjualan, para penerima bantuan harus dapat mengelola program pengembalian.

“Semoga dengan bantuan modal usaha ini, usaha bapak dan ibu dapat lebih meningkat lagi dari aspek pendapatan dan pengelolaan usaha. Insyaa Allah, Tim Bakrie Amanah dan tvOne akan menampingi Bapak-Ibu dalam usaha ke depan termasuk program lainya di bidang kesehatan dan pendidikan,” harap Raldy dalam sambutannya.

Total dana zakat produktif yang disalurkan adalah sebesar Rp. 75.000.000,- dengan tempo pengembalian pokok pinjaman sekitar 10 bulan yang akan digulirkan kembali oleh pengelola DKM An-Ni’mah kepada para pelaku usaha lainnya.

Hadir pula dalam acara ini adalah Mohammad Nurhakim selaku pengurus RT 10 Pulo Kambing, “Apresiasi yang tinggi kepada Kelompok Usaha Bakrie melalui tvOne dan Bakrie Amanah yang telah memberikan perhatian khususnya dalam pengembangan usaha, ini adalah karunia bagi kami”, ungkap Nurhakim dalam sambutannya

“Bantuan ini akan kami gunakan untuk menambah modal usaha. Semoga dapat meningkatkan juga pendapatan keluarga,” ungkap Agus Ming Surahman (27 th), pedagang susu jahe.

Sementara itu, Martini (55 tahun) yang buka usaha warung kopi dan mie ayam,  menyampaikan rasa syukur atas bantuan modal dari Bakrie Amanah mengingat selama ini kesulitan mendapatkan tambahan modal dan terpaksa harus meminjam kepada “Bank Emok”, sebutan bagi bank keliling denga operasi system rente.

“Bantuan ini sangat membantu usaha saya, khususnya dalam mencari tambahan modal usaha yang saat ini saya dapatkan dari Bank Emok dengan bunga yang mencekik,” ungkap Martini.

(Jajang/Ihsan)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

×
Assalamu'alaikum... ada yang bisa kami bantu?