PROGRAM KEMITRAAN UNTUK NEGERI : BAKRIE AMANAH SERAHKAN MODAL USAHA BAGI 24 UMKM DI SENTRA TIMUR – CAKUNG

Kemitraan Untuk Negeri- Penyerahan Modal Usaha Untuk Warung Sembako Ibu Jemirem

CAKUNG, Yayasan Bakrie Amanah, pada hari ini, 24 Juli 2018 melaksanakan penyaluran zakat produktif tahap kedua bertempat di Masjid Anwarul Hidayah Kp. Sawah Indah Gg. Sakti Blok E Rt.01/05 Kelurahan Pulo Gebang Kecamatan Cakung – Jakarta Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari progam Kemitraan Untuk Negeri yang merupakan program pemberdayaan ekonomi umat yaitu penguatan kemampuan mustahiq dengan memberikan bantuan yang sifatnya pinjaman untuk usaha produktif. Pihak penerima bantuan selain diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya tetapi juga mempunyai kewajiban untuk mengembalikan pinjaman tersebut dari hasil usahanya yang meningkat setelah diberi bantuan tersebut.

Bantuan modal usaha diberikan  kepada 24 UMKM yang terdiri dari 2 kategori yaitu Ibu Mandiri Sejahtera sebanyak 7 orang dan 17 orang Wirausaha Mandiri dengan jenis usaha, antara lain: Pedagang Sepatu, Kosmetik & Aksesoris jilbab, Minyak wangi dan peralatan solat, penjual Nasi Goreng, Ayam Bakar, Warteg, Nasi Uduk. warung kopi, Bakso, kue basah,  warung Jajanan, sayuran dan sembako, produksi kerupuk, keripik dan bumbu dapur, jasa jahit, Terapis/Refleksi (kebugaran) dan kolam pemancingan

Penyerahan dilakukan oleh Setiadi Ihsan selaku General Manager Bakrie Amanah yang dihadiri oleh ke-24 penerima manfaat dan pengurus masjid Anawarul Hidayah. Dalam sambutannya, Setiadi Ihsan menyampaikan harapannya bahwa bantuan modal usaha yang difasilitasi Bakrie Amanah dapat meningkatkan semangat berusaha, meningkatkan penjualan dan pendapatan dari para penerima modal usaha. Ihsan juga menegaskan bahwa bantuan modal ini ber’aqad pinjaman yang tentunya dari sebagian penjualan harus dapat mengelola program pengembalian.

“Bentuk pinjaman ini adalah Qardlun Hasanah, jadi Bapak-ibu hanya diwajibkan mengembalikan pokok pinjaman yang diangsur sesuai kemampuan seperti yang telah Bapak-ibu sampaikan ke Tim Bakrie Amanah. Selanjutnya, Tim Bakrie Amanah akan menampingi Bapak-Ibu dalam usaha ke depan termasuk adanya program tabungan untuk kepentingan Bapak-ibu juga,” jelas Ihsan.

Total penyaluran zakat produktif di sekitaran Sentra Timur kawasan Pulo Gebang ini adalah sebesar Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah dengan tempo pengembalian sekitar 10 bulan tanpa bunga yang akan digulirkan kembali oleh pengelola kepada para mustahiq lainnya.

Bantuan modal usaha ini mendapatkan sambutan baik dari para penerima manfaat dalam pengembangan usaha mereka.

“Bantuan ini sangat bermanfaat dalam menambah permodalan usaha untuk meningkatkan penjualan den tentunya pendapatan saya dan keluarga,” ungkap Nanang (45 th), pedangan sembako.

Sementara itu, Rati (44 tahun) pedagang warteg, seorang janda yang dalam menjalankan usahanya masih mencari penghasilan sebagai buruh cuci,  menyampaikan kegembiraannya dan rasa syukur atas bantuan modal dari Bakrie Amanah.

“Bantuan ini sangat membantu usaha keluarga, khususnya dalam mencari tambahan modal usaha yang sangat sulit dengan segala persayaratan dan dampaknya,” jelas Rati.

Joko selaku pengurus masjid Anawarul Hidayah menambahkan dengan adanya bantuan peminjaman modal usaha tanpa bunga ini tentu sangat membantu masyarakat, karena di wilayah kp Sawah Indah masih banyak warga yang terjerat hutang ke rentenir.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

×
Assalamu'alaikum... ada yang bisa kami bantu?