post-image

Bakrie Amanah Raih IFA Award 2022


    Institut Fundraising Indonesia sukses menggelar Indonesia Fundraising Award (IFA) pada Rabu 30 November 2022. Lembaga pendukung gerakan Fundraising terbaik diraih oleh Bakrie Amanah. Fundraising Division Head Bakrie Amanah, Khairul Muttaqin mengatakan penghargaan ini telah dua kali diraih oleh Bakrie Amanah. Dalam program pendukung kali ini, Bakrie Amanah menghimpun dan mengajak seluruh masyarakat untuk bisa membantu sesama yang lebih membutuhkan "Ini sebenarnya kali kedua yang kami dapatkan, hari ini kami mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pendukung gerakan fundraising," ujar Khairul saat diwawancarai di Hotel Arosa, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu 30 November 2022.

"Jadi yang kami lakukan sebagai kelompok usaha Bakrie kami menghimpun dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa membantu kepada masyarakat yang membutuhkan," sambungnya.Kemudian, Khairul menambahkan kegiatan yang dilakukan oleh Bakrie Amanah kali ini berfokus pada bencana alam yang baru saja terjadi pada Senin 21 November 2022 lalu. Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat itu sangat membutuhkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak di sana. Untuk itu, kata Khairul, Bakrie Amanah mengajak seluruh masyarakat untuk menyalurkan bantuannya untuk korban yang terdampak gempa di Cianjur. "Kedepan kami akan gencarkan terus kegiatan fundraising, khususnya di masyarakat kita tahu banyak sekali kegiatan - kegiatan sosial yang bisa dikerjakan yang memang ini bisa melibatkan banyak orang. Seperti yang baru terjadi ini, gempa di Cianjur. Itu banyak sekali masyarakat yang memang membutuhkan bantuan di sana," katanya.

Tak lupa, Khairul mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh elemen masyarakat yang turut serta menyalurkan bantuannya untuk korban bencana alam khususnya yang terjadi di Cianjur sekarang ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga insan Bakrie semuanya untuk bisa membantu menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Bakrie Amanah. Seperti value Bakrie Amanah ke-Indonesiaan, kebermanfaatan dan kebersamaan. Artinya kita untuk bisa bersama sama menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakat," ucap Khairul.

IFA Award adalah ajang terpercaya dalam peningkatan fundraising dan gerakan kebaikan yang memberikan apresiasi dan penghargaan fundraising terhadap lembaga, badan, korporasi, media dan tokoh di Indonesia maupun internasional. Lembaga yang mendapat penghargaan adalah yang berkontribusi dan berprestasi dalam bidang penggalangan dan publik dalam berbagai program. IFA Award diselenggarakan sejak tahun 2020 dengan memberikan penghargaan 17 kategori pemenang yang terus berkembang menjadi 30 kategori pemenang di tahun 2021. Di tahun ini, terdapat 41 kategori nominasi. 

"Semakin banyak lembaga yang terjaring, tidak hanya yang berada di kota tapi di daerah-daerah. Bukan hanya lembaga ZISWAF, tetapi media massa, korporasi, publik figur yang mendukung gerakan fundraising," ujar Direktur Institut Fundraising Indonesia, Arlina F. Saliman.  Lembaga-lembaga ini, lanjut Arlina, sangat harus diapresiasi keberadaannya karena telah menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama.

Arlina menyebut, penghargaan ini juga diharapkan bisa mendorong lembaga sosial kemanusiaan agar termotivasi melakukan fundraising dengan transparan dan akuntabel. "Penghargaan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa para pegiat filantropi yang kerap bekerja dalam sepi ini memiliki banyak program yang bisa dipertanggungjawabkan, transparan dan akuntabel," kata dia. Arlina berharap, IFA Award juga dapat mendorong ketertarikan anak-anak muda untuk masuk ke dalam dunia sosial kemanusiaan. Selain itu, output IFA Award juga tidak hanya ajang penghargaan semata, namun mendorong adanya kolaborasi antar lembaga dalam program-program pemberdayaan di masyarakat.

Arlina juga berterima kasih terhadap berbagai lembaga pendukung gerakan fundraising yang selalu memberi dukungan dalam ajang IFA Award ini.