post-image

Musyawarah Wilayah (MUSWIL) FOZ DKI Jakarta Periode 2024-2027

Jakarta, 29/05 - Forum Zakat (FOZ) wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) yang ke IV di Komplek Al Furqon, Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia (DDII), Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Dalam Muswil yang digelar, hadir beberapa tamu undangan seperti Kementrian Agama Kanwil DKI Jakarta yang diwakili oleh H. Selamet Abadi selaku  Kepala Bidang Penais Zawa, kemudian dari Ridwal selaku Kepala Bidang Pemberdayaan SDM Baznas Bazis DKI Jakarta serta Dr. Husaini selaku Ketua Umum DDII.

  

Selain para tokoh di atas, tentunya hadir sebagai keynote speech Ketua Umum FOZ Nasional, Bambang Suherman. Pada orasi perzakatan yang disampaikan Bambang tentang pentingnya kolaborasi lembaga zakat dapat dikutip bahwa penguatan lembaga zakat ditentukan dari seberapa mampu LAZ menyiapkan program bersifat portofolio (jangka panjang) bukan hanya yang bersifat responsif (insidental). Maka portofolio dan kolaborasi dapat dihadirkan oleh FOZ sebagai inisiator dari gagasan tersebut. 

Selanjutnya Muswil ke IV Forum Zakat DKI Jakarta  memaparkan laporan pertanggung jawaban kepemipin Dian Pasya yang diterima oleh seluruh peserta OPZ yang berjumlah kurang lebih 63 anggota LAZ yang terdiri dari unsur Lembaga, Ormas, dan  juga korporasi.

  

“Muswil pada hari ini sesuai dengan tema kita, Menguatkan Kolaborasi Lembaga Zakat dalam Mensejahterakan Masyarakat. Kedepan kita membutuhkan kolaborasi-kolaborasi yang nyata serta sinergi antara FOZ pusat dan stakeholder yang ada di DKI Jakarta. Oleh sebab itu, saya selaku pengurus lama mengucapkan selamat dan sekali lagi mudah-mudahan di kepengurusan yang baru menjadi lebih sukses dan lebih maju gerakannya, khusunya untuk kesejahterahan umat DKI Jakarta," ungkap Dian Pasya, selaku Ketua FOZ DKI Jakarta periode 2020-2023.

Pada acara pamungkas yakni pemilihan ketua Foz untum periode 2024-2027 secara aklamasi mengangkat Zaelani (Rumah Zakat) sebagai Ketua, Ikhwan Muttaqin (LAZ PERSIS), dan juga Arya Fajar (ZIS Indosat) sebagai Bendahara.

Terakhir, acara Muswil tersebut di isi dengan pidato Ketua FOZ Wilayah DKI Jakarta yang menyampaikan amanat yang diembannya merupakan amanah yang berat. Maka dari itu beliau mengajak seluruh anggota FOZ WIL untuk bersama-sama membangun FOZ menjadi lebih maju dan berkembang di tengah tantangan Jakarta sebagai kota metropolitan yang memiliki peluang dan tantangan ke umatan yang sangat kompleks dan dinamis.

“Tiga hal penting yang akan kami lakukan, yaitu: kolaborasi bersama, merupakan suatu hal yang luar biasa jika kita bisa berkolaborasi bersama dan bisa kita optimalkan secara baik, dan kita mencoba bagaimana program-program yang bisa kita sinergikan ke semua pihak. Ini bisa memberikan kekuatan bagi lembaga. Yang ketiga adalah hasil yang bisa memberikan dampak bagi semua baik untuk FOZ maupun masyarakat sekitar, dan ini mungkin hal-hal yang bisa kita lakukan kedepannya,  sehingga FOZ periode 2024-2027 bisa lebih baik dan bermanfaat bagi semua orang," pungkas Jaelani selaku ketua FOZ DKI Jakarta terpilih periode 2024-2027.