post-image

Program Amanah Fund: Kisah Seorang Bapak Nelayan Dadap yang Sudah Usia Lanjut

Kegiatan pendamping Amanah fund berbincang dengan seorang nelayan yg bernama bapak Rosidin pencari ikan di laut Dadap dan sekitarnya dengan menggunakan perahunya yang kecil yang suudah memprihatinkan.

Pak Rosidin memulai melaut pada saat kelas 4 SD sampai saat ini ia sudah mempunyai 2 orang anak. Anak yg pertamanya sudah menikah dan anak yang kedua masih duduk di kelas 1 SMK.
Pak Rosidin melaut setiap hari dari sampai sore kadang juga dari sore sampai tengah malam, pendapatan pak Rosidin paling besar Rp.200.000 termasuk masih ada biaya kotor dan belum terpotong biaya bensin serta biaya makan saat berangkat dan pulang dari laut.

Pak Rosidin melaut untuk mendapatkan ikan dengan menggunakan jaringannya khusus penangkapan ikan Belanak, tetapi selain itu ada berbagai macam ikan juga yg tertangkap selagi besarnya sama dengan Ikan belanak.
Belakangan ini hampir 1 bulan pak Rosidin jarang melaut karena perahu yang beliau punya sudah kurang bersahabat lagi untuk di ajak melaut mesti harus ada perawatan,
Akhirnya suka bareng dan numpang bersama kawannya yaitu pak Sabin dengan 2 orang lainnya berangkat melaut menumpangi perahu milih pak Sabin.

Dan Alhamdulillahirabbil alamin kekeluargaan antar nelayan di wilayah Dadap sangatlah harmonis untuk saling menjaga keutuhan kekeluargaan para nelayan.